UQISA Buku untuk Anak Bangsa

"Buku untuk Anak Bangsa" adalah sebuah inisiatif pelajar dan masyarakat Indonesia di Brisbane, Australia dalam mengumpulkan buku berbahasa Inggris untuk kemudian disumbangkan secara gratis ke sekolah-sekolah, perpustakaan, dan taman bacaan di Indonesia. Siapa saja bisa memohon buku bantuan ini dengan mengontak panitia dan kemudian panitia akan menyeleksi & mengevaluasi. Blog ini merupakan dokumentasi & tempat menorehkan progress report kegiatan "Buku untuk Anak Bangsa"

Sunday, November 18, 2007

Buku Sumbangan telah Siap Dikirim

Dear teman-teman,
Atas nama panitia, saya melaporkan bahwa kegiatan buku anak bangsa yang sangat intensif telah sukses about 75%. (tinggal di kirim ke Jakarta dan didistribusikan langsung dari Jakarta ke tujuh Propinsi di Indonesia: Kaltim, SulBar, SulSel, Jawa Barat, Jakarta, Yogyakarta oleh Koordinator kita Mika Halpin).

Dengan komitmen besar dari sekelompok kecil teman-teman, akhirnya sekitar 800 kg buku (sejumlah hampir 5000 buku) siap terbang ke Indonesia. Menurut saya, ini adalah salah satu kegiatan UQISA (Perhimpunan Pelajar Indonesia University of Queensland) yang lumayan besar dan berarti dan membawakan nama Perhimpunan Pelajar Indonesia kita ke ratusan anak bangsa di Indonesia. Semua buku diberi cap PPIA.

Teman-teman, jangan khawatir bahwa buku ini akan numpuk saja di library atau di taman bacaan, karena untuk distribusi buku ini ada penanggung jawab masing-masing (partner kerja: alumni, guru, kepsek, pemerhati pendidikan), dan telah menyatakan kesedian mengelola, telah mengajukan rencana pemanfaatan, dan siap memberi laporan. Bahkan untuk Sulbar, saya bersama Bu Rosita (+ nara sumber lainnya) akan melaksanakan teleconference via Skype tentang cara kreatif pemanfaatan buku ini pada siswa dan guru di Sulbar.

Alhamdulillah, dana pengiriman kali ini dibiayai oleh Atase Pendidikan KBRI. Thanks Mba Pipin dan Mika atas pikiran dan waktunya membuat proposalnya.
Thanks Pak Atase Pendidikan Pak Agus.

Alhamdulillah , sekitar 20 orang terlibat volunteer (tenaga, waktu, dana, makanan dll) dalam kerja besar hari Sabtu dan Minggu kemarin (Label buku, categorisasi, stempel, hingga pengepakan). Foto-foto kegiatan ini akan segera diupload di upload di Album "Buku Untuk Anak Bangsa" atau di Blog ini

Ketua PPIA QLD yang baru (Mas Adit) dan beberapa pengurusnya datang menyatakan dukungannya dan ikut kerja bakti.
Jika teman-teman lain belum sempat terlibat dalam Gerakan Buku Bangsa Pertama, jangan khawatir, karena akan ada Gelombang Ke II. Kerja sama teman-teman pasti sangat berarti. Siap volunteer??? ??? Hubungi Presiden UQISA dan Mika.

Rasa apresiasi saya buat Mika yang telah menjadi komandan dari kegiatan volunteer ini. Kesuksesan Proyek ini sangat banyak ditentukan oleh komitmen beliau di tengah kesibukannya.

Ijinkan saya Sitti Maesuri (selaku pelaku sekaligus pemerhati pendidikan Indonesia) mengucapkan terima kasih:
kepada Panitia Buku Bangsa (Mika, B. Rosita, Mba Pipin, Riza, Pak Ihsan, Asti, siapa lagi ya )
Thanks juga pada:
Putri-putri manis yang telah melebel ratusan buku
- Putri (anak Pak Rahmat&Mba Neli)
- Adel (anak Mba Pipin)
- Michael & Rachel (Anak Mba Reyni)
- Fika & Fida (anak Pak Ihsan & istrinya)
Para gadis-gadis samaners cantik yang ikut kerja bakti dalam dua hari ini
- Nataya (sekretaris PPIA QLD)
- Sally
- Dayu
- Asti
- Riza
- Mika
Pemuda-pemuda cakep
- Adit (Ketua PPIA QLD)
- Panca
- Pandu
- Agung
- Bambang
- Genta
- Nyoman
- Hendrio
Terima kasih juga pada Mas Danu, Yaso, Santo yg telah turut bantu ngangkutin buku dan cari gardus bersama Riza.

Special Thanks pada Bu Rosita, yang tidak lelah menjemput buku, mencari buku alias HUNTING. Thanks pada arahannya, ide-ide cemerlangnya dll. Luarrr biasa.
Special Thanks Pak Ihsan, yang setia mengantar kita keliling cari buku, penyediaan logistik, dan menjadi Photographer kita.

Tak lupa juga terima kasih pada Pak Muslim (seorang Bisnis MAN) dan Pak Israwan (anggota penting Departemen Keuangan Indonesia). Meskipun bala bantuan dari beliau berdua datang di penghujung kerja bakti kita, tapi lumayan sangat berharga. Setidaknya, nanti kalau balik ke Indonesia, perhatian pada bidang pendidikan bisa ditingkatkan. He he he he. Potensi duit kan ada pada orang bisnis dan Depkeu.

Tak kalah pentingnya thank pada volunteer makanan, sehingga kita bukan hanya sempat menikmati empek2 pada hari Sabtu, tapi juga Sate dari Mba Sri dan Ibu Presiden. Thanks Mba Sri dan Mba Sashi.
Eh ada lagi, Thanks B Malia, buku sumbangan 4 gardus besar dari sekolahnya sudah siap terbang ke Indonesia.

Thanks for all yang mendukung tapi tidak sempat nyebut namanya.
Sebagai penutup, kita masih tetap menunggu donasi buku, donasi dana pengiriman, tenaga volunteer dll untuk Proyek Tahap II. Usulan sekolah sasaran terbuka, email ke presiden@uqisa. org AND mika halpin <mika23_2004@ yahoo.com>.

Hormat saya
SMP (a.n. Panitia Buku)

0 Comments:

Post a Comment

Subscribe to Post Comments [Atom]

<< Home